[IMG]http://i285.photobucket.com/albums/ll45/rasa_peacenlove/MY%20BLOG/BANNER-FIX.gif[/IMG]
Photobucket

Wednesday 9 November 2011

Perkenalan Tipografi

Mulai saat ini, saya akan membuat pokok bahasan yang baru yakni tipografi. Tipografi merupakan ilmu mempelajari seputar perhurufan (font), mulai dari bentuk hingga pengaplikasiannya dalam berbagai media.

Untuk postingan perdana di label 'tipografi' ini, saya akan menunjukkan bahwa tak selamanya huruf itu menjadi huruf itu sendiri. Bentuk suatu huruf tidak selalu harus ditampilkan secara utuh, melainkan bisa juga dimunculkan sebagian dari bentuknya.

Perlu diingat, meski kita dapat menampilkan sebagian dari bentuk suatu huruf, tapi tidak semua bagian bisa dipakai. Hal ini guna menghindari kesalahan pembaca dalam menangkap huruf yang kita tampilkan. Misalkan pada sebuah merek JIL, tidak memungkinkan kita untuk menampilkan setengah bagian atas huruf-huruf tersebut. Apabila dilakukan, maka mungkin orang akan membacanya III. :-)

Dalam permulaan mata kuliah Tipografi Lanjut, saya mendapat tugas untuk membuat positif dan negatif dari nama lengkap saya. Kemudian diaplikasikan ke dalam sebuah map (folder), letter head, dan kartu nama. Dan di dalam nama saya, saya harus menyisipkan sebuah objek (dipilih berdasarkan sesuatu yang kita sukai atau mencerminkan pribadi) yang akan menjadi point of interest (pusat perhatian) pada salah satu hurufnya.


Begini hasilnya:

Photobucket
Positif dari nama saya

Photobucket
Negatif dari nama saya

Photobucket
Berwarna dari nama saya


Pengaplikasiannya:
Photobucket
Folder dan kartu nama

Photobucket
Letter Head

Mohon maaf apabila hasilnya masih berantakan. Apabila saudara punya masukan ataupun kritik, saya tunggu dan saya terima dengan senang hati. Terimakasih atas perhatiannya.

No comments:

Post a Comment